Berita Aktivitas Anak Gunung Krakatau Meningkat Tajam

Posted by dragon on Sunday, 9 October 2011

type='html'>
Aktivitas Gunung Anak Krakatau hari ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Jika kemarin terjadi 151 tremor, hari ini jumlahnya meningkat menjadi 229 kali tremor. Tremor atau letusan yang tidak putus-putus telah menyebabkan keluarnya laca panas dari kawah gunung. "Jumlah tremor hari ini meningkat tajam dibanding kemarin," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau di Cinangka Kabupaten Serang, Anton Tripambudi, Selasa (2/11). Meski demikian Anton mengatakan status gunung itu masih dalam tingkat waspada atau level III.

Letusan tremor ini diminta untuk diwaspadai siapapun yang berada di lautan di sekitar Gunung Anak Krakatau tersebut. Termasuk para peserta Festival Internasional Pemuda Olahraga Bahari (FIPOB) yang mulai digelar hari ini. Anton meminta tidak ada perlombaan yang dilakukan pada jarak yang dekat dari gunung. Festival Internasional Pemuda Olah Raga Ke 5 tersebut akan digelar disekitar kawasan Pantai Anyer kabupaten Serang sejak tanggal 2 hingga 11 November 2010, diikuti oleh 55 negara dengan 13 cabang olah raga air. “Silahkan melakukan kegiatan di Anyer, tapi jangan sampai mendekati Gunung Anak Krakatau karena sangat berbahaya,” tegas Anton.

Semua pertandingan olahraga di pusatkan di Kawasan Pantai Anyer. Oleh karena itu, Anton mengingatkan kepada seluruh peserta lokal dan Manca Negara untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau yang aktivitasnya sedang meningkat. Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau mencatat hingga saat ini telah terjadi 649 aktivitas kegempaan, diantaranya 4 kali gempa vulkanik dalam, 79 kali gempa vulkanik dangkal, 251 kali letusan, 86 kali hembusan dan 229 kali tremor. Bahkan suhu permukaan air laut diprediksi meningkat karena lava panas yang keluar dari Gunung Anak Krakatau mengalir hingga ke laut di sekitar Gunung Anak Krakatau. Namun Anton mengakui belum menghitung adanya kenaikan suhu air laut tersebut. “Kami belum menghitung adanya kenaikan suhu air laut,” kata Anton.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Banten Iin Mansyur mengatakan, festival berkelas internasional tersebut akan dipusatkan di lima titik yaitu Pantai Anyer (Kabupaten Serang), Pantai Tegal Pakpak (Pandeglang), Pulau Umang (Kabupaten Pandeglang), Sungai Ciberang (Lebak), dan Pantai Carita (Kabupaten Pandeglang). Pada FIPOB V ini akan diselenggarakan berbagai kegiatan dengan kelas masing-masing. Ada kegiatan yang berkelas internasional, seperti seminar industri olahraga bahari, jetsky, snorkeling, renang keliling pulau, windsurfing, lomba memancing dan kejuaraan paramotor. “Kami berkomitmen untuk menjadi tuan rumah yang baik, Suksesnya FIPOB V Banten adalah sukses Banten di mata internasional” kata Iin.
=======

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment