Trik Jitu Dihargai dan Disegani Oleh Lawan Bicara

Posted by dragon on Sunday, 9 October 2011

type='html'>
Trik Jitu Dihargai dan Disegani Oleh Lawan Bicara : Kadang-kadang, sikap kita terlihat ‘buruk’ ketika sedang melakukan percakapan, terutama jika kita tidak tertarik dengan apa yang sedang dibicarakan. Akibatnya, pembicaraan yang sedang kita lakukan berakhir dengan kesan yang mengecewakan. Oleh karena itu, belajar sopan santun dalam berbicara merupakan salah satu komponen penting dalam berkomunikasi.
Kita semua tentu menginginkan teman bicara yang bisa menghargai kita. Demikian juga dengan teman yang diajak bicara. Tentu mereka tidak suka bila kita kurang sopan dalam berbicara kepadanya. Sopan santun dalam berbicara yang sama-sama dilakukan oleh kedua belah pihak pasti akan menghasilkan sebuah pembicaraan yang menyenangkan.

Agar Lawan Bicara Tidak Tersinggung
Tapi, bagaimana jika Anda tidak suka dengan pembicaraan yang sedang berlangsung? Atau, ada orang yang mengajak kita untuk berbicara tentang hal-hal yang tidak berguna? Anda tentu ingin segera pergi dari situasi tersebut. Artinya, Anda ingin segera mengakhiri adegan itu, tapi bagaimana caranya agar lawan bicara tidak tersinggung? Mari pelajari caranya agar kita bisa mengakhiri sebuah pembicaraan dengan sopan.
  1. Jika kita berbicara dengan seseorang melalui telepon, kita harus bisa mengakhirinya dengan sopan. Misalnya, jika Anda berbicara dengan seorang teman yang tidak terlihat tanda-tanda akan menutup mulutnya padahal ia sudah mengatakan banyak hal, segera katakan bahwa Anda sedang sakit kepala dan harus pergi. Bagaimana jika ada teman yang mencoba membuka percakapan yang tidak relevan dengan Anda? Cukup beritahu ia bahwa Anda harus menyelesaikan beberapa hal dan Anda sudah tidak punya banyak waktu lagi.
  2. Jika Anda memiliki pacar yang menjengkelkan, biarkan dia tahu bahwa Anda akan menelepon karena Anda sedang mengalami sakit kepala yang buruk. Katakan kepada dia bahwa Anda merindukan dan mencintainya, setelah itu segera tutup telepon. Ingatlah untuk meyakinkan bahwa Anda masih menghargainya.
  3. Bagaimana jika ada orang lain yang datang dengan membawa masalahnya? Hal terbaik yang dapat Anda lakukan di sini adalah jujur. Jangan tawarkan sebuah bantuan jika memang Anda tidak ingin melakukannya. Pastikan untuk menggunakan penguat positif seperti memberi mereka pelukan, senyum atau bahkan "Mari kita bicara lagi nanti," untuk membiarkan mereka tahu bahwa Anda tidak membenci mereka.
  4. Sopan santun dalam berbicara dan mengakhirinya dengan baik itu penting walaupun kita tidak menginginkan pembicaraan tersebut. Jika ada orang asing mulai membuat percakapan dengan Anda, kemungkinan Anda sedang didekati.
  5. Cara paling aman untuk mengakhiri percakapan dengan sopan adalah dengan tegas mengatakan, "terima kasih, ini sebuah pembicaraan yang baik." Dan sampaikan kalimat tersebut sebagai tanda bahwa Anda hendak mengakhiri pembicaraan tersebut.
Terakhir, ingatlah bahwa kadang-kadang Anda tidak bisa selalu bersikap sopan dalam mengakhiri percakapan. Namun, Anda selalu dapat mengirimkan isyarat positif dengan kata-kata seperti, "Kita bicara lagi nanti." Hal yang paling penting adalah untuk tidak berbohong. Sebaiknya, untuk beberapa situasi, katakan bahwa Anda "harus pergi" karena Anda adalah orang sibuk.
Nah, demikianlah sopan santun dalam berbicara yang ditujukan dalam rangka mengakhiri pembicaraan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment